Foto: MEMPELAI.ID
Foto: MEMPELAI.ID
BT.com, Tuban – Penggunaan telepon pintar atau smartphone di Indonesia sejauh ini sudah sangat tinggi, termasuk di Kabupaten Tuban Jawa Timur.
Tingginya penetrasi internet tersebut membawa manfaatkan tersendiri bagi masyarakat. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka dimanjakan dengan kecanggihan layanan berbasis teknologi.
Hal yang dulunya dilakukan secara manual dan konvensional, saat ini sudah bisa dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan), seperti memesan ojek, memesan makanan bahkan menyebarkan undangan pernikahan.
Memang, dengan adanya pandemi Covid-19, transformasi layanan berbasis digital ini semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab, dengan minimalnya kontak fisik juga akan meminimalisir penyebaran virus.
Hal ini pula yang melatarbelakangi dibangunnya MEMPELAI.ID, sebuah aplikasi layanan undangan pernikahan online dengan fitur-fitur menarik yang bisa menjadi solusi para pasangan pengantin untuk membagikan momen kebahagiannya melalui platform digital.
Founder MEMPELAI.ID, Praditya Damar Indera, menyampaikan bahwa pembuatan layanan tersebut berawal dari permasalahan yang dialami oleh temannya sendiri.
Ia menceritakan, pada Juni 2020 lalu, salah satu temannya harus membatalkan resepsi pernikahannya karena pandemi Covid-19. Padahal, mereka sudah mencetak undangan.
Dia lantas dimintai tolong untuk membuatkan undangan dengan format video. Namun, bukannya membuat undangan video, Ia malah membuatkan undangan dalam bentuk website.
“Ternyata undangan dari website itu efektif dan efisien. Banyak yang tanya. Akhirnya saya anggap itu peluang. Baru Oktober mempelai.id benar-benar dikomersilkan,” kata pria yang kerap disapa Edo tersebut kepada saat ditemui bisnistuban.com di Tuban, Senin (01/3).
Menurut Edo, saat ini digitalisasi sudah mulai marak di Tuban. Oleh karena itu, penyediaan layanan berbasis digital menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.
Baru 5 bulan berjalan, Ia mengaku sudah melayani 50 pelanggan dari Tuban dan pelbagai daerah seperti Kalimantan, Surabaya, Jakarta, Bandung, Kediri, Blitar dan Mojokerto.
“Ada juga orang Indonesia yang tinggal di Jepang minta dibuat undangan pernikahan online dengan Bahasa Jepang,” imbuhnya.
Edo mengatakan, jasa pembuatan undangan pernikahan online saat ini memang sudah banyak. Hanya saja, Ia berani memastikan fitur-fitur yang dimiliki oleh MEMPELAI.ID berbeda dengan penyedia lainnya.
Salah satu kelebihan fitur yang dimiliki MEMPELAI.ID adalah tamu undangan dalam mengisi daftar hadir cukup menggunakan QR Code. Jadi, tamu tidak perlu mengisi buku tamu manual dengan buku dan menggunakan pulpen bergantian.
“Undangan ini efektif karena saat masa pandemi seperti saat ini, daftar tamunya cukup barcode, tidak perlu gantian pulpen,” ujarnya.
Tidak hanya itu, ada juga fitur share moment dimana tamu yang hadir bisa memposting hasil swafoto atau selfie waktu hadir dalam acara resepsi tersebut.
“Alamat link website juga bisa menggunakan nama masing-masing mempelai,” tandas Edo.
Edo menambahkan, MEMPELAI.ID memberikan layanan live streaming resepsi dan akan ditampilkan dalam website. Jadi, bagi yang berhalangan hadir bisa menyaksikan upacara resepsi dari jarak jauh.
Aplikasi ini juga menyediakan alarm sebagai pengingat jadwal resepsi kepada penerima undangan dan denah lokasi acara yang sudah terintegrasi dengan Google Maps.
“Pengiriman undangan nanti juga otomatis dari aplikasi, pengantin hanya tinggal setor nama dan kontaknya saja,” tambahnya.
Terkait harga, undangan digital yang dibuat oleh MEMPELAI.ID relatif murah karena tidak membutuhkan kertas dan tinta. Kisaran harganya dari 0 rupiah hingga 800 ribu rupiah. Hal ini tergantung tema dan fitur-fitur yang diminta.
“Lebih jelasnya bisa mengunjungi website MEMPELAI.ID langsung, ada banyak lagi tema dan fitur yang kami tawarkan,” pungkasnya.
Sekadar informasi, MEMPELAI.ID juga membuka peluang kemitraan bagi siapa saja dan dimana saja karena aplikasi ini sudah menggunakan teknologi geo tagging dan memiliki Content Delivery Network (CDN) yang sudah tersebar di 152 titik di Indonesia.
Kabar baiknya lagi, bagi pelanggan yang menggunakan kode promo BISNISTUBANCOM akan mendapatkan potongan harga 10 persen dari harga normal. (HK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here