Keuntungan Bekerja Sama dengan Agen Bank Garansi

Tidak ada kegiatan yang tanpa resiko, apalagi dalam hal berbisnis dengan nilai tawaran yang cukup besar. Tidak menutup kemungkinan, seorang mitra kerja melakukan ingkar janji kontrak yang sudah disepakati. Dengan Jasa Bank Garansi Tanpa Agunan, Anda akan terlindungi dari masalah tersebut.
Bank garansi yang dimaksud merupakan pihak yang menjamin para nasabah mendapatkan manfaat untuk tetap memperoleh haknya. Banyak penyedia layanan bank garansi. Misalnya Agen Bank Garansi Tanpa Agunan yang akan mengamankan pelaksanaan bisnis Anda.

Apa yang dimaksud dengan Bank Garansi?

Secara garis besar, pengertian bank garansi merupakan seluruh garansi yang diterima dan diberikan oleh suatu bank pada pihak tertentu. Baik dalam bentuk perorangan maupun badan usaha yang telah dinyatakan oleh pihak bank. Serta akan dipenuhi kewajibannya dari pihak yang dijaminkan kepada pihak lain sebagai pihak yang menerima jaminan.

Dapat pula diartikan sebagai suatu bentuk layanan yang diberikan bank kepada nasabahnya untuk memenuhi kewajiban kepada pihak lain mengikuti ketentuan yang sudah disepakati. Dalam bank garansi terdapat 3 pihak yang terlibat, antara lain:

1# – Pihak Penjamin

Pihak penjamin artinya yang memberikan jaminan, dalam hal ini yaitu bank garansi kepada pemberi kerja atau pemegang proyek. Pihak penjamin tidak hanya dari bank saja, melainkan bisa berasal dari lembaga yang telah bekerja sama dengan bank serta memiliki sertifikasi.

2# – Pihak Terjamin

Pihak terjamin, dapat diartikan sebagai pihak yang diberikan jaminan. Dalam hal ini yaitu kontraktor atau nasabah yang bersangkutan. Lebih tepatnya lagi, yang mengajukan permohonan penerbitan jaminan agar diberikan kepada pemilik proyek.

3# – Pihak Penerima Jaminan

Pihak penerima jaminan yaitu pemilik proyek yang akan mendapatkan bank garansi akibat perjanjian dengan kontraktor atau pelaksana. Bank garansi diberikan supaya penerima jaminan merasa percaya dan tetap melanjutkan proses transaksi.

Beberapa Jaminan dari Bank Garansi

Bank garansi memiliki beragam jenis, namun tujuan utamanya tetap satu yakni menjamin nasabahnya dalam melakukan hubungan bisnis. Agen Bank Garansi Tanpa Agunan lebih berorientasi pada sebuah proyek besar dan hubungan perdagangan atau jual beli. Serta memprioritaskan kepuasan dari pelanggan. Perdagangannya juga tidak untuk yang bernilai kecil, melainkan bisa hingga mencapai angka triliunan.

Pengelompokan bank garansi ini cukup memudahkan Anda dalam memilih serta mempelajari sistem kerja dari setiap jenisnya. Dengan dalih mendapat keuntungan, sangat disayangkan apabila mengalami kerugian karena tidak memahami jenis-jenisnya. Untuk jenis dari bank garansi sendiri antara lain:

1. Advance Payment Bond

Jenis bank garansi yang pertama adalah Advance Payment Bond. Dimana bank garansi ini mengenai uang muka dari pemegang proyek kepada kontraktor. Setiap fase proyek memiliki persyaratan yang berbeda-beda, tergantung penerbitan dari masing-masing bank.

Pihak bank akan menjamin pemegang proyek dimana sang kontraktor siap mengembalikan uang muka berdasarkan yang tertulis di dalam kontrak atau jika tidak ditanggung.

Pemegang proyek akan mendapatkan bank garansi yang ditujukan untuk kepentingan kontraktor sebagai penjamin pelaksanaan proyek sesuai dengan kesepakatan.

2. Bid Bonds

Masih dengan bank garansi untuk kepentingan proyek. Jenis bank garansi ini untuk menjamin kontraktor yang berperan sebagai nasabah penjamin untuk menyelesaikan pekerjaan ketika sudah terpilih.

Terkadang terdapat beberapa hal yang menjadi sebab mengapa kontraktor tidak melaksanakan tugasnya. Apabila kontraktor tidak mampu menjalankan atau menyelesaikannya, maka penjamin harus membayar sejumlah uang kerugian kepada pemilik proyek.

3. Maintenance Bonds

Dalam sebuah proyek, mustahil apabila tidak terjadi kerusakan setelah terselesaikannya proyek. Inilah salah satu fungsi bank garansi untuk mengatasinya. Dana akan cair apabila kontraktor tidak menyelesaikan kerusakan tersebut.

Sebenarnya maintenance bonds atau biasa disebut retention bonds merupakan sebuah jaminan untuk proses pemeliharaan proyek. Selama periode tersebut, bank garansi telah menyiapkan kebutuhan sesuai kontrak untuk memenuhi pemeliharaan tersebut.

Nilai yang dapat dikeluarkan adalah 5% dari nilai yang telah disetujui dan dalam jangka waktu tertentu, umumnya tiga bulan hingga satu tahun.

4.Performance Bonds

Jenis bank garansi yang terakhir adalah performance bonds. Pentingnya hasil dalam sebuah proyek sangat menentukan keuntungan yang akan didapatkan oleh pemilik proyek.

Apabila suatu proyek tidak mempunyai hasil yang maksimal, pemilik proyek akan merasa kurang puas bahkan kecewa. Terlebih lagi jika proyek yang dijalankan untuk sebuah usaha.

Adanya bank garansi jenis performance menjadi angin segar pemilik proyek. Dengan bank garansi, kualitas kerja proyek sangat diperhitungkan. Kontraktor yang gagal atau tidak sesuai kontrak, maka pihak pemilik proyek akan mendapat ganti rugi. Bank garansi juga melibatkan pihak ketiga sebagai penerus proyek yang tidak sesuai kontrak.

Beberapa Syarat Membuat Bank Garansi

Bank garansi sangat berguna dalam meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan dalam kontrak kerja sama. Anda dapat memanfaatkan jasa bank serta lembaga-lembaga yang telah berpengalaman dalam hal bank garansi.

Tidak hanya transaksi yang bersifat lokal, sekelas transaksi internasional juga mampu diberikan jaminan. Lalu apa saja syarat yang harus dilengkapi sebelum mengajukan bank garansi? Kemudian, bagaimana cara pengajuan bank garansi? Untuk syarat bank garansi sendiri antara lain:

  • Nasabah atau yang akan mengajukan harus memiliki rekening dari bank terkait.
  • Wajib Warga Negara Indonesia, untuk pembuktiannya dengan melihat KTP nasabah.
  • Nasabah diminta untuk melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. NPWP disini sebagai sarana administrasi perpajakan sebagai tanda pengenal diri pajak dalam melakukan hak serta kewajiban perpajakannya.
  • Memiliki reputasi kredit dan riwayat yang baik.
  • Nasabah bersedia untuk memberikan agunan sesuai kesepakatan sebagai penentuan limit bank garansi.

Apabila seluruh syarat sudah terpenuhi, selanjutnya Anda dapat menghubungi serta menyodorkan pengajuan tersebut kepada pihak yang menjamin. Kemudian, bank akan meminta calon nasabah untuk mengisikan formulir sebagai arsip data bank.

Serta menyerahkan persyaratan kepada bagian khusus bertugas dalam bank garansi dalam tenggang waktu beberapa hari kerja.

Agar bank garansi diterbitkan, pihak pelaksana harus memiliki simpanan pada bank penyedia. Jumlah simpanan minimal sama dengan nilai bank garansi yang akan diterbitkan.

Anda juga dapat memanfaatkan jasa agen penjaminan. Peran layanan tersebut bersifat personal. Agen penjaminan telah menjalin hubungan dengan perbankan sehingga termasuk lembaga yang legal.

Pengurusan melalui agen penjaminan dianggap lebih mudah dan cepat dari pada menghubungi pihak bank secara langsung. Agen penjamin juga menyediakan layanan antar jemput dokumen serta layanan cepat dengan tenggang waktu maksimal 3 hari kerja. Ini dirasa sangat praktis untuk perusahaan-perusahaan yang mengedepankan efisiensi.

Jenis Bank Garansi yang Harus Anda Ketahui

Secara garis besar, bank garansi berperan sebagai penengah untuk membantu kedua pihak dalam melakukan hubungan bisnis. Dengan cara melakukan kontrak perjanjian kerja yang telah disepakati seluruh pihak termasuk penerbit.

Perjanjian tersebut dimaksudkan supaya proses kerja sama berjalan sesuai kesepakatan. Adapun jenis-jenis bank garansi antara lain.

1. Bank Garansi Untuk Tender Dalam dan Luar Negeri

Bank garansi diberikan kepada pemilik proyek dengan tujuan sebagai kepentingan kontraktor yang akan ikut serta dalam tender luar negeri. Sedangkan bank garansi untuk luar negeri diberikan kepada kontraktor yang ikut serta dalam tender pemborong, yang mana pemilik proyek berasal dari luar negeri atau Warga Negara Asing (WNA).

2. Bank Garansi Untuk Penangguhan Bea Masuk

Kantor bea cukai juga memerlukan jaminan. Peran bank garansi disini bertujuan agar pemilik barang dapat meminta penangguhan biaya barang bea masuk

3. Bank Garansi Untuk Penyerahan Barang

Proses penyerahan barang juga memerlukan jaminan berupa bank garansi. Apalagi dengan jumlah barang yang besar dan banyak. Untuk menghindari penipuan, maka pelaksana mengajukan bank garansi kepada penerbit agar mitra kerja untuk memberikan rasa percaya.

4. Bank Garansi Untuk Pita Cukai Tembakau

Adanya media perbankan satu ini ditujukan pada kantor bea cukai yang bertujuan untuk kepentingan perusahaan pabrik rokok. Bank garansi dimaksudkan sebagai bentuk pembayaran pita cukai tembakau.

5. Bank Garansi Untuk Pelaksanaan Pekerjaan

Umumnya, diberikan kepada pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor guna jaminan pelaksanaan proyek yang diterima dari pemilik proyek dan berlangsung sesuai perjanjian.

Kontraktor juga akan mendapatkan uang muka dari pemilik proyek. Pemilik kerja juga akan mendapatkan bank garansi sebagai bentuk jaminan pemeliharaan dari proyek yang sedang dikerjakan.

6. Bank Garansi Untuk Perdagangan

Dalam kegiatan jual beli antar sesama perusahaan besar, tidak mungkin tanpa bank garansi. Untuk mencegah dari dampak kerugian, pihak terjamin akan mengajukan jenis perbankan ini kepada penjamin untuk melancarkan proses transaksi. Oleh karena itu, dibuatnya bank garansi untuk mewadahi kepentingan perdagangan.

Kapan Pencairan Bank Garansi?

Dalam perjanjian yang telah dilakukan, masa bank garansi akan berakhir karena berakhirnya perjanjian pokok, penegasan batas waktu pengajuan klaim, serta berakhirnya bank garansi.

Seperti yang telah ditetapkan bank garansi itu sendiri. Klaim yang akan dilakukan memiliki batas waktu, yaitu sekurang-kurangnya 14 hari dan selambat-lambatnya 30 hari setelah berakhirnya bank garansi.

Sebelum melakukan pencairan, pelaksana harus memahami terlebih dahulu mengenai klausula dalam bank satu ini agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Bank garansi dapat dicairkan apabila pelaksanaan perjanjian pokok oleh pelaksana tidak berjalan semestinya. Maka pihak terjamin berhak mengajukan klaim pencairan kepada bank penerbit.

Sebelum melakukannya, pihak terjamin perlu memastikan klaim tersebut bisa dilakukan dengan lancar dengan melakukan langkah-langkah. Pertama yakni memastikan perjanjian pokok memuat hal-hal yang diklasifikasikan sebagai wanprestasi.

Kedua, keaslian bank garansi dan bank penerbit untuk menghindari dari penipuan. Komedian yang terakhir, pastikan validitas keberlakuan jangka waktu bank garansi.

Apa Saja Keuntungan Dari Bekerja Sama dengan Agen Bank Garansi Tanpa Agunan?

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan bank garansi, baik dari sisi penjamin, nasabah, serta mitra kerja terjamin. Melakukan sebuah bisnis tidak lain dan tidak bukan untuk memperoleh untung dari kedua belah pihak.

Keuntungan yang akan didapatkan merupakan kesepakatan yang telah disetujui pada kontrak kerja. Rasa was-was dan tidak percaya terhadap rekan bisnis pasti pernah dialami. Terlebih lagi ini merupakan bisnis yang baru dirilis. Itulah salah satu peran bank garansi akan membantu semaksimal mungkin. Dalam meluruskan serta menjamin kontrak kerja Anda dan mitra kerja dalam memperoleh keuntungan. Lantas, keuntungan apa saja yang akan didapatkan? Simak ulasan berikut:

#Bank Mendapatkan Komisi

Dalam proses pemanfaatan bank garansi oleh nasabah sangat kecil kemungkinan bank tidak mendapatkan imbalan. Ditambah lagi bank garansi tidak hanya untuk dana kecil. Misalnya, proyek yang bahan materialnya bukan satu karung dua karung semen, melainkan hingga satu truk molen semen atau bahkan bisa lebih.

Pihak penjamin atau bank juga akan memberikan pelayanan yang mungkin untuk kepuasan para nasabah. Sehingga, imbalan yang akan diperoleh pihak penjamin akan setara dengan kualitas kerjanya. Selain itu, kredibilitas penjamin atau bank juga akan meningkat.

#Menekan Angka Kerugian

Kemungkinan kerugian tidak dapat diprediksi dan ditebak. Apalagi jika kedua partner kerja tersebut melakukan kerja sama baru dan belum mengenal isi dari masing-masing perusahaan.

Misalnya perusahaan besar yang bekerja sama dengan partner yang satu tingkat di bawahnya. Perusahaan besar akan meminta pihak lain untuk membuat bank garansi agar terhindar dari kerugian.

Adanya jeni perbankan satu ini memiliki tujuan adalah untuk menekan angka kerugian dari sebuah kontrak. Dengan adanya hal tersebut, maka kemungkinan rugi akan terhindarkan dan menguntungkan kedua belah pihak.

#Memenuhi Hak Nasabah

Dalam melakukan bisnis, masing-masing pihak sudah memperhitungkan serta memperkirakan keuntungan dan resikonya. Terkadang presentasi yang telah diperhitungkan sedikit meleset, sehingga sedikit mengalami kekecewaan.

Bank garansi hadir dalam menjamin tata laksana proyek yang akan berlangsung. Sebagai pihak yang dipercaya untuk melancarkan kegiatan, bank ini harus memenuhi hak-hak dari nasabah. Contohnya menjamin proses pelaksanaanya dan memberikan perlindungan bagi pihak yang bersangkutan.

#Melancarkan Bisnis dari Terjamin

Hubungan bisnis akan sukses apabila terjalin rasa percaya antar sesama pelaku bisnis. Karena tidak mungkin kebutuhan biaya dalam proyek itu sedikit, sehingga rentan mengalami paranoid bagi pemegang bisnis.

Tidak hanya asupan dana proyek yang besar, namun jika mengalami kerugian modal akan hilang hingga berlipat-lipat ganda. Bank garansi merupakan sebuah komitmen dan itikad yang baik kepada mitra bisnis.

Dengan metode ini, mitra bisnis akan merasa percaya dan tidak ada rasa khawatir akan terjadi sesuatu pada proyeknya. Dari sisi ini, pelaksanaan proyek akan berjalan mulus tanpa hambatan apapun.

Agen Bank Garansi Tanpa Agunan telah melalui proses perijinan yang dilegalkan. Sebab legalitas sangat diperlukan sebagai bukti talenta dari pihak penerbit bank garansi. Juga, legalitas artinya lembaga tersebut telah diakui dan diizinkan untuk menjalankan visi dan misi sebagai penyedia bank garansi.

Pada https://consultanasuransi.com/ Anda akan menemukam beragam jenis layanan jaminan bank garansi. Dari beberapa jenis jaminan tersebut Anda dapat memilih untuk menyesuaikan kebutuhan kontrak perjanjian kerja. Manfaat dari bank garansi adalah menjamin dalam pelaksanaan kegiatan bisnis, bisa untuk transaksi lokal maupun internasional.

Agen Bank Garansi Tanpa Agunan adalah agen yang berpengalaman dalam melaksanakan tugas melayani nasabah. Banyaknya nasabah yang datang semakin menambah pengalaman kerja dari agensi di Surabaya.

Karena dinilai profesional dalam bekerja, agensi ini telah memiliki banyak nasabah. Profesionalitas menjadi satu aspek penting dalam kontrak kerja atau relasi bisnis..

Kelebihan dari agensi ini yang terakhir adalah terpercaya. Mendapat kepercayaan dari para nasabah merupakan perwujudan visi dan misi dari agensi. Inilah yang menjadi poin tambahan dan semangat kerja bagi para karyawannya. Tunggu apalagi, mari bergabung dengan agensi bank garansi di Surabaya. Cek website resminya untuk menemukan informasi lengkap.

Tinggalkan komentar

error: