Tips Sebelum Menggunakan Jasa Rental Mobil Surabaya

Berlibur ke luar kota bersama keluarga ataupun teman merupakan hal yang sangat menyenangkan. Salah satu tempat favorit untuk destinasi wisata yaitu Kota Pahlawan, Surabaya. Saat mulai merencanakan liburan beragam kebutuhan pastinya sudah mulai Anda persiapkan, mulai dari baju, uang saku maupun kendaraan yang akan digunakan.

Tetapi jika tempat tinggal Anda jauh dari Surabaya, menggunakan transportasi umum sudah pasti membuat Anda cukup repot. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di Surabaya rental mobil bisa dengan mudah Anda cari.

Bagi Anda yang akan liburan ke ibu kota Provinsi Jawa Timur ini harus memperhatikan tips sebelum menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya. Anda harus memperhatikan betul jasa penyewaan mobil yang memberikan pelayanan maupun produk dengan baik.

Kota Surabaya cukup diminati oleh banyak orang, baik lokal maupun internasional. Terdapat banyk tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai jajanan khas, pusat perbelanjaan dan hiburan juga menjadi daya tarik tersendiri dari kota ini.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan sewa mobil saat liburan ke sana ada beberapa tips sebelum menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya yang perlu Anda perhatikan.

Ada sepuluh tips sebelum menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya, agar Anda tidak salah dalam memilih jasa rental mobil. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

Berikut Ini Tips Sebelum Menggunakan Jasa Rental Mobil

Berikut adalah 10 tips sebelum menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya agar liburan Anda berjalan dengan lancar saat berada di sana.

1. Tentukan jenis mobil

Anda perlu menentukan jenis mobil yang akan disewa sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menentukan jenis mobil yang akan digunakan, Anda bisa mendapatkan gambaran sewa, tarif sewa, serta menentukan jasa penyedia sewa mobil.

2. Pilih rental mobil yang terpercaya

Banyak orang yang terkena tipu saat rental mobil, karena terburu-buru tanpa mencari tahu tentang jasa rental tersebut. Mulai dari dikenakannya biaya tambahan maupun minta uang pengganti dari mobil yang dikendarai atas kerusakan yang tidak disebabkan oleh penyewa.

Oleh sebab itu Anda harus mencari tahu dulu rental mobil yang terpercaya dan sudah terbukti jujur. Anda bisa mencari tahu lewat internet maupun tanya kepada teman atau kerabat yang tinggal di sana mengenai tempat sewa mobil yang aman.

3. Pesan sebelum hari liburan tiba

Sebaiknya Anda memesan jauh hari sebelum liburan tiba. Karena biasanya saat hari liburan banyak orang yang menyewa mobil, sehingga Anda bisa saja kehabisan mobil. Jika memang masih, mungkin mobil yang ada tidak bagus.

Dengan memesan mobil lebih awal maka mobil yang Anda sewa akan disimpan dan disediakan pada hari yang telah ditentukan. Apalagi jika Anda telah memberikan uang sewa dimuka.

4. Tanyakan tarif sewa

Anda harus memperhatikan harga dari sewa mobil tersebut, sebab pada saat hari liburan biasanya harga rental naik. Jadi untuk mendapatkan harga yang sesuai Anda harus mencari tahu harga yang dipatok oleh rental pada umumnya.

Baca Juga: Harga Sewa Bus dan Minibus Surabaya

5. Tentukan sewa sopir atau tidak

Anda harus pikirkan menyewa sopir atau tidak, dimana keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Jika menyetir sendiri Anda dapat menghemat biaya, tetapi mungkin akan lelah jika banyak tempat yang Anda kunjungi. Bila menggunakan sopir Anda harus siap mengeluarkan uang banyak, tetapi Anda bisa lebih menikmati liburan dengan tenang tak perlu menyetir sendiri.

Dengan adanya sopir Anda bisa beristirahat dalam perjalanan dan akan mempercepat perjalanan Anda, karena biasanya lewat jalan alternatif. Bagi Anda yang tidak paham daerah di Surabaya ada baiknya jika menggunakan jasa sopir, agar tidak kesasar.

6. Tentukan tempat yang akan dikunjungi

Anda perlu mendiskusikan dengan keluarga atau teman tempat mana saja yang akan dikunjungi. Jika perlu buat catatan agar perjalanan Anda bisa sesuai dengan harapan. Anda bisa mencari tahu lewat internet ataupun bertanya kepada teman tentang wisata di sana.

Sehingga Anda dapat memperkirakan jarak tempuh, penginapan maupun biaya yang perlu dikeluarkan.

7. Tentukan lamanya penyewaan

Beda rental mobil, juga beda kebijakan sewanya. Pastikan Anda mengembalikan mobil tepat waktu, sebelum habis waktu sewa. Anda harus menanyakan biaya tambahan apabila terlambat mengembalikan.

8. Pembayaran Dimuka

Ada jasa sewa mobil yang menerapkan sistem bayar dimuka. Anda dapat membayarnya langsung saat memesan mobil. Biasanya jasa sewa itu memberikan diskon apabila Anda mengambil opsi ini. Anda juga harus memastikan apakah uang Anda akan kembali apabila terjadi pembatalan sewa.

9. Bahan bakar atau bensin

Tak jarang rental mobil yang menyewakan mobil lengkap dengan bensinnya. Anda harus mengetahui betul mobil yang Anda sewa sudah teramasuk apa saja, misal bensin maupun sopirnya.

10. Cek kondisi kendaraan

Anda harus melakukan pengecekan terhadap mobil yang akan Anda gunakan. Upayakan memilih mobil yang usianya tidak terlalu tua. Karena, pada umumnya mobil dengan usia itu masih stabil dan keadaannya masih prima.

Cek juga kondisi kelistrikannya, ban, mesin, dan kestabilan mobilnya. Untuk mengecek sumber kelistrikannya baik alternator maupun aki dapat menggunakan alat bantu volt meter. Jika tidak ada alat tersebut bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin.

Kemudian semua bagian penunjang kenyamanan yang menggunakan sumber tenaga listrik diaktifkan, seperti lampu, power window, sistem audio, air condioner (AC), dan sebagainya. Pastikan semua kondisi mobil dalam keadaan baik dan siap pakai

Itulah beberapa tips sebelum menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya bagi Anda yang akan liburan atau perjalanan ke sana. Tentunya perjalanan Anda akan sangat menyenangkan dan mengesankan bila menggunakan jasa sewa mobil yang tepat.

Dengan membaca tips sebelum menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya ini, semoga Anda mendapatkan rental mobil sesuai harapan. Pastikan Anda memilih jasa sewa mobil yang terpercaya dan terbukti jujur dalam memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggannya.

Tinggalkan komentar

error: