Foto: Dinn
Foto: Dinn
BT.com, Tuban – Saat masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, ikan gabus hias atau Channa mulai banyak diburu di pelbagai daerah di Indonesia. Tingginya minat masyarakat tersebut dimanfaatkan sebagai peluang bisnis jual beli ikan oleh Roy Ihza Muzziawan (22), pemuda asal Kelurahan Latsari, Kota Tuban.
Pemuda yang masih menempuh bangku perkuliahan jurusan sosiologi di UNAIR Surabaya ini mencoba merintis usaha jual beli ikan Channa disela-sela kesibukannya menyelesaikan Skripsi.
Roy mengatakan, awal mula menekuni usaha jual beli ikan Channa ini karena banyaknya waktu luang di tengah pandemi yang mengharuskan perkuliahan Daring. Dari situ muncul ketertarikan merintis usaha ikan Channa yang telah berjalan sekitar hampir satu tahun ini.
“Awal terjun di bisnis ini itu di pertengahan 2020 kemarin. Dulu itu ya coba-coba beli dan saya tawarkan di akun Instagram saya, ternyata banyak yang cari dan peminatnya lumayan banyak,” beber Roy saat ditemui bisnistuban.com di Tuban, Jumat (5/3).
Roy menjelaskan, saat awal memberi ikan hias ini harganya 400 ribu rupiah satu ekor. Lantas, Ia kemudian merawatnya beberapa saat. Ternyata, setelah diposting di media sosial ada yang bersedia membelinya seharga 600 ribu rupiah.
“Awal pertama dulu saya beli satu ekor itu seharga 400 ribu. Terus saya besarkan dan posting di Medsos dan ada yang beli seharga 600 ribu,” lanjutnya.
Melihat ada potensi tersebut, Roy selanjutnya mencoba membeli lebih banyak ikan Channa untuk dibesarkan dan dijual kembali. Bahkan, Ia sudah pernah menjual dan mengirim ikan tersebut sampai ke Bandung Jawa Barat.
“Alhamdulillah ternyata saat ini di pandemi ini yang mencari ikan channa cukup banyak,” sambungnya.
Dari bisnis jual beli yang ia lakukan di waktu luangnya itu, Roy mampu meraih untung yang cukup besar dari setiap penjualan ikan Channa. Rata-rata dari penjualan satu ikan Channa ia mampu meraup untung 100 ribu hingga 500 ribu rupiah.
Hasil dari bisnis kecil-kecilan tersebut, Ia manfaatkan untuk menambah uang kuliah dan keperluan sehari hari. “Alhamdulillah hasilnya bisa nambah untuk keperluan kuliah dan lainnya,” ujarnya.
Saat ini Roy memiliki beberapa koleksi ikan Gabus hias Channa berbagai macam jenis dan bentuk dengan harga berfariasi. Koleksi ikan Channa miliki Roy bisa dilihat di akun IG @kostsnakeheadfish. (Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here