Foto: Foto: muslimcrowdfunding.com
Foto: Foto: muslimcrowdfunding.com

Bisnis-bisnis yang bergerak pada bidang ekonomi kreatif saat ini banyak digandrungi oleh anak-anak muda, khususnya generasi milenial. Kenapa demikian? Sebab, bisnis kreatif memerlukan kreativitas dalam dalam setiap proses pembuatannya.

Dengan seni dan sentuhan kreativitas yang tinggi, maka harga jual produknya akan bernilai tinggi. Dan, hanya generasi milenial lah yang memiliki sentuhan kreativitas tinggi dan liar.

Terjunnya generasi milenial dalam dunia bisnis telah merubah landscape bisnis di Indonesia. Jika dulu bisnis hanya dikuasai oleh generasi tua, kini sudah semakin banyak anak-anak muda yang bergelut di dunia bisnis.

Tidak lain, salah satu penyebabnya adalah semakin tumbuh pesatnya bisnis berbasis teknologi. Pada tahun 2017 saja, dari 1,6 juta industri kreatif di Indonesia, 80 persen bisnisnya dijalankan oleh generasi milenial.

Di Kabupaten Tuban, beberapa industri kreatif juga sudah mulai mewabah. Namun, masih dibutuhkan lagi pengayaan ide-ide kreatif untuk menambah referensi dalam memulai bisnis.

So, langsung saja sobat muda, berikut ini adalah beberapa ide bisnis kreatif yang mungkin bisa kamu kembangin, khususnya generasi milenial di Kabupaten Tuban:

1. Fotografi dan Videografi

Hampir seluruh anak muda saat ini sudah menggunakan platform media sosial. Selain facebook yang jamak dipakai oleh milenial, mereka juga sudah banyak yang memiliki twitter, line dan instagram.

Generasi milenial sudah tidak asing lagi menjadikan fotografi dan videografi sebagai hobi. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan foto dan video yang bagus yang kemudian dipamerkan melalui platform media sosial. Tidak jarang, hasil foto dan video mereka bernilai seni tinggi dengan dibumbui kreativitas yang unik.

Dunia fotografi dan videografi ini bisa juga menjadi ladang bisnis bagi generasi milenial di Tuban. Sebab, modal yang dikeluarkan relatif tidak terlalu besar. Kita hanya perlu kamera dan skil yang bisa dilatih setiap saat.

Kita bisa memaksimalkan komunitas yang ada atau bergabung dalam marketplace jasa fotografer seperti Servolia.com

2. Crafting

Generasi milenial tentu sangat cocok dengan bisnis ini. Anak-anak muda yang memiliki kreativitas tinggi dapat mencoba membuat kerajinan tangan seperti scrapbook, gelang, menyulam dan lain-lain.

Untuk memulai bisnis crafting, para milenial harus mengeluarkan ide-ide kerajinan yang unik dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar.

Selanjutnya, hasil karyanya bisa dipasarkan melalui offline maupun online. Untuk pasar offline, Tuban memiliki pelbagai destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Jadikan kerajinan kamu sebagai oleh-oleh khas Tuban.

Untuk pemasaran online bisa menggunakan platform media sosial atau marketplace digital yang sudah banyak tersedia di internet.

3. Kuliner Unik

Kita semua mafhum bahwa daya kreasi anak-anak muda seakan tidak ada matinya. Nah, kreativitas itu bisa dimanfaatkan untuk me-remake masakan-masakan tradisional daerah Tuban dengan kemasan atau gaya yang kekinian, kalau bahasa kerennya sih instagramable.

Banyak sekali makanan atau minuman khas Tuban yang bisa di-remake dengan gaya yang unik seperti legen, pelbagai macam olahan gethuk dan makanan-makanan lain.

4. Clothing

Bisnis selanjutnya yang cocok dijalankan oleh milenial adalah bisnis clothing atau pakaian. Pasar bisnis pakaian juga tidak ada matinya ya bray. Anak-anak muda hari ini menyukai pakaian yang simple namun berkelas.

Banyak potensi usaha dalam bisnis clothing ini, mulai dari tukang sablon, desainer baju, clothing store dan lain-lain.

5. Event Planner

Beberapa pasar event saat ini membutuhkan ide-ide gila dan unik dalam pelaksanaannya. Nah, ide gila nan unik itu kan hanya dimiliki oleh anak-anak muda yang memiliki kreativitas tinggi.

Oleh karena itu, bisnis event planner adalah salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan bagi generasi milenial. Anak-anak muda hanya cukup menyiapkan ide terbaik dan konsep acara yang unik untuk pesta ulang tahun, tunangan, wedding atau event-event lainnya.

6. Home Decoration

Memiliki rumah yang nyaman dan bernilai seni tinggi adalah idaman hampir setiap orang. Salah satu penyebab rumah nyaman untuk ditinggali adalah karena dekorasinya yang menarik.

Milenial juga bisa menjalankan bisnis ini bray. Dengan kemampuan seni dan kreativitas yang dimiliki, mereka dapat berkreasi dengan lampu, pajangan atau dekorasi lainnya, bahkan bisa juga menggunakan bahan limbah.

Bray, itu tadi beberapa ide bisnis unik yang bisa dilakukan dan dijalankan oleh generasi milenial di Tuban. Jadi, sudah tidak ada lagi minimnya  ide menjadi alasan untuk tidak memulai bisnis sejak usia muda. Semangat bray.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here