Kopi Milenial

Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Saat ini, Indonesia memiliki lahan perkebunan kopi seluas 1,24 juta hektar.

Dari angka itu, 96 persen perkebunan kopi itu adalah milik rakyat dan sisanya milik perkebunan swasta dan pemerintah dalam hal ini PTP Nusantara. Dari lahan seluas itu, 933 hektar perkebunan kopi ditanami robusta dan 307 hektar lainnya ditanami arabika.

Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif BEKRAF, Poppy Savitri, menyampaikan bahwa ssat ini konsumsi kopi di dunia terus mengalami peningkatan. Kenaikannya rata-rata 1,7 Kg per kapita setiap tahun.

Konsumsi kopi di Indonesia juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 7 persen per tahun. Hal itu karena mengkonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup atau tren bagi masyarakat.

Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat konsumsi kopi, maka semakin tinggi juga kebutuhan profesi barista sebagai peracik kopi. Makanya, dibutuhkan peningkatan jumlah dan kualitas sumber daya manusia untuk profesi ini.

Berkaitan dengan hal itu, BEKRAF melakukan fasilitasi pelatihan kepada barista di Indonesia sebagai kompetensi wajib yang harus dimiliki. Melalui Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan, BEKRAF menyelenggarakan workshop racik kopi di Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan itu dilakukan untuk memberikan pelatihan berbasis kompetensi kepada barista otodidak yang diharapkan dapat memberikan wawasan tentang kopi.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada generasi muda agar tertarik untuk membuka usaha di bidang per-kopi-an yang selanjutnya akan membuka lapangan usaha baru.

Kegiatan workshop tersebut merupakan kerja sama antara Direkorat Edukasi Ekonomi Kreatif dengan Masyarakat Kopi Indonesia sebagai upaya Bekraf untuk menguatkan ekosistem industri kopi Indonesia di ranah hilir.

Diharapkan kopi Indonesia dapat maju dan berkembang menembus dunia internasional sebagai salah satu ikon dari subsektor kuliner.

Penulis: Mahfud Hariadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here