Sumber foto: elitemarketer.id
Sumber foto: elitemarketer.id

Dengan adanya pandemi Covid-19, Pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial bagi masyarakat.

Hal itu mengakibatkan aktivitas masyarakat di luar rumah jadi berkurang.

Kondisi ini membawa perubahan pada pola belanja masyarakat. Mereka jadi lebih sering bertransaksi menggunakan platform digital.

Media sosial kemudian menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk mendapatkan barang/jasa yang diinginkan selain menggunakan aplikasi e-commerce.

Nah, bagi para pelaku bisnis Tuban, ini tentu menjadi kesempatan emas untuk menawarkan barang dan jasanya.

Namun, saat memilih media sosial untuk berjualan, tentu ada kiat-kiat khusus agar barang dan jasa kita laku dan banyak diserbu oleh pelanggan.

Langsung saja, berikut ini tips-tips mengoptimalkan media sosial untuk mendongkrak bisnis rintisan kita:

1. Menggunakan fitur jualan di medsos

Untuk mengenalkan produk dan jasa yang ditawarkan, kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan platform medsis untuk menunjang bisnis. Di Facebook sudah ada fitur Marketplace dan Instagram ada Instagram Shopping.

2. Membuat akun bisnis

Bagi pelaku bisnis rintisan, tidak salah untuk mulai menggunakan akun bisnis di media sosial. Dengan begitu, brand yang ditawarkan akan lebih spesifik. Di Facebook bisa menggunakan Fanpage, di Instagram dan WhatsApp bisa menggunakan akun bisnis.

3. Beriklan di medsos

Berbisnis tentu membutuhkan modal. Salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan adalah beriklan di media sosial. Hal ini bertujuan agar postingan produk bisa dilihat oleh banyak orang. Bahkan, anda bisa menentukan sendiri cakupan demografi pembeli yang dituju berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain.

4. Meng-endorse publik figur

Meminta publik figur dengan followers besar untuk merekomendasikan produk anda mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Tapi, pastikan terlebih dahulu bahwa followers publik figur tersebut sesuai dengan target pasar anda.

5. Ikuti tren media sosial

Pendekatan bisnis harus bisa beradaptasi dengan kondisi tren media sosial. Untuk mengetahui tren, gunakan fitur analisis yang ada di medsos untuk mengetahui tren pelanggan seperti Facebook Analytics, Instagram Insight, Twitter Analytics, TikTok Analytics atau fitur analisis lainnya di medsos tertentu.

Gunanya, dengan mengikuti tren di medsos, ini memungkinkan bisnis anda menemukan momentum yang tepat untuk meningkatkan promosi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here