BT.com- Tuban, Ratusan abang tukang becak yang beroperasi di sekitaran wisata religi makam Sunan Bonang Tuban, mengikuti vaksinasi di terminal wisata Kebonsari Tuban, Sabtu, (23/10/2021).

Vaksinasi yang diselenggarakan Pemkab Tuban tersebut tak hanya menyasar abang tukang becak saja. Namun juga pedagang kaki lima serta kios di lingkungan wisata. Termasuk pula masyarakat umum di Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban, Gunadi menyampaikan, kegiatan vaksinasi tersebut hasil kerjasama dengan Forkopimca Tuban serta kelurahan kebonsari dan Kutorejo.

Pelaksanaan vaksinasi di terminal wisata tersebut dilatar belakangi karena masih cukup banyak abang tukang becak dan pedagang yang belum di vaksin. Sehingga untuk menarik minat mereka, vaksinasi dilaksanakan di terminal wisata untuk memudahkan vaksinasi.

“Kalau vaksin di tempat lain kan mereka (tukang becak Red.) merasa kejauhan. Jadi ini kita buka vaksinasi di terminal wisata agar dekat dan mereka tetap bisa bekerja,” beber Gunadi.

Gunadi menargetkan seluruh komunitas becak dan pedagang sudah tervaksin dosis 1 dan dosis 2. Sehingga ke depan di terminal wisata kebonsari bisa diterapkan aplikasi peduli lindungi.

“Targetnya seluruhnya ya tervaksin. Jadi nanti bisa segera diterapkan syarat aplikasi peduli lindungi di kawasan wisata Sunan Bonang,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Tuban, Lusiana menambahkan jika vaksinasi hari ini menyasar masyarakat umum, khususnya bagi warga kelurahan kebonsari, kutorejo dan komunitas becak maupun pedagang di terminal wisata.

“Alhamdulillah banyak yang antusias. Dan kita juga terus memantau agar Prokes tetap dilaksanakan dengan ketat,” tuturnya.

Pihaknya menyediakan 300 dosis vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca. Selain itu juga disediakan stok 100 vaksin untuk tambahan.

“Kita sediakan 300 dosis. Nanti kalau habis ada tambahan stok 100 dosis lagi dari Puskesmas Kebonsari,” tutupnya.(Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here