BT.com- Tuban, Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban, meminta pemerintah setempat segera mempercepat pembayaran insentif bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di tahun 2021.

Ketua Fraksi Gerindra sekaligus Ketua komisi IV DPRD Tuban, Tri Astuti mengatakan, dalam rapat kerja bersama tentang Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2022, kita singgung insentif Nakes yang belum terbayar sampai dengan bulan Juli ini.

“Jadi, insentif Nakes sejak Januari hingga Juli ini belum terbayarkan. Untuk itu kita komisi IV mendorong agar segera dibayarkan,” beber Astuti, Minggu, (25/07/2021).

Dijelaskannya, Nakes adalah garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 di Tuban, bahkan sudah banyak Nakes yang gugur dan dirawat maupun Isoman karena ikut terpapar.

“Mereka rela berjuang sepenuh hati guna membantu dan melayani masyarakat tanpa kenal lelah, tanpa kenal waktu. Dan sudah sepantasnya pemerintah memberikan apresiasi berupa insentif tambahan bagi mereka,” sambung Astuti sapaan akrabnya.

Saat raker disampaikan bahwa untuk insentif tahun 2020 sudah terbayar sampai bulan Desember, namun untuk tahun 2021 belum sama sekali. “Kita tahu bahwa akhir-akhir ini lonjakan kasus Covid di Tuban cukup memprihatinkan. Insentif nakes yang bersumber dari APBD maupun APBN belum di cairkan, namun jasa pelayanan (Japel) bagi nakes RSUD sudah terbayar karena memang RSUD dr R Koesma telah BLUD,” imbuhnya.

Astuti menambahkan, menurut keterangan dari Kadinkes Tuban bahwa insentif Nakes yang berasal dari APBD sudah di ajukan dan tinggal menunggu Perbup di tandatangani. Diharapkan Kepala daerah segera mencairkan insentif nakes tersebut.

“Mereka bekerja bertaruh nyawa hanya demi rasa kemanusiaan yang tinggi, untuk itu sudah sewajarnya dan sepatutnya pemerintah baik pusat maupun daerah segera mencairkan insentif nakes ini,” tegas Astuti.

Astuti menambahkan, anggaran Jumlah total intensif untuk Nakes di 2021 adalah sebanyak Rp 8.902 800.000 untuk PNS dan Rp 6.954.400.000 untuk Non PNS. (Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here