Foto: Dinn
Foto: Dinn

BT.com, Tuban – Menjelang Hari raya Idul fitri, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tuban membubarkan sejumlah kerumunan di tempat pusat perbelanjaan yang ramai dipenuhi pengunjung di kawasan kota Tuban, Senin (3/5/2021) malam.

Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Chakim Amrullah menyampaikan, kegiatan razia Satgas Covid-19 yang terdiri dari Polri-TNI dan Satpol PP ini dilakukan dalam rangka untuk pendisiplinan dan pengawasan pemberlakuan PPKM Mikro di pusat perbelanjaan.

Dia menjelaskan, kegiatan razia malam ini, sasarannya adalah Bravo Supermarket di Jalan Basuki Rahmat, Rena Factory di Jalan Pramuka, Samudra Supemarket di Jalan Diponegoro dan Clarissa di Jalan Sunan Kalijogo Tuban.

Adapun pelanggaran yang ditemukan disejumlah tempat perbelanjaan tersebut adalah tak adanya pembatasan jumlah pengunjung sehingga menimbulkan kerumunan. Kemudian jam operasional yang melebihi ketentuan PPKM mikro.

“Untuk pelanggarannya masih banyak yang berkerumun. Selain itu juga untuk jam operasional melebihi batas waktu pembatasan PPKM mikro di jam 21.00 WIB,” jelas Chakim.

Sementara itu, kaitan penindakannya, Cakim menyampaikan jika sanksi akan diserahkan pada Satpol PP selaku penegak Perda. Sesuai Peraturan Bupati Nomor 65 tahun 2020 tentang peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19. “Untuk sanksi itu ranahnya Satpol PP selaku penegak Perda,” tambahnya.

 AKP Chakim menambahkan, pihaknya bersama tim satgas akan rutin melakukan patroli, mengingat trend Covid-19 di Tuban saat ini mengalami peningkatan. 

Selain itu Chakim juga menghimbau kepada para pemilik atau manager pusat perbelanjaan untuk ikut membantu mengingatkan pengunjung agar selalu mentaati peraturan Prokes.

Kemudian juga, agar pemilik pusat perbelanjaan membatasi jumlah pengunjung, sehingga tidak ada kerumunan yang dapat menyebabkan penyebaran covid.

“Kerja sama semua pihak, khususnya pengelola pusat perbelanjaan diperlukan untuk ikut menekan trend kenaikan covid menjelang idul fitri di Tuban,” papar Cahakim. (Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here