Foto: SIG Tuban
Foto: SIG Tuban

BT.com, Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 SR di Jawa Timur yang berpusat Malang pada Sabtu (10/4/2021) lalu.

Melalui program Corporate Social Responbility (CSR), SIG memberikan bantuan berupa 1.500 paket sembako untuk Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Blitar. Selain itu, juga perusahaan memberikan 1.000 zek semen untuk Kabupaten Lumajang untuk perbaikan infrastruktur.

Selain bantuan sembako dan semen, perusahaan BUMN itu juga memberikan bantuan satu unit excavator. Kendaraan berat ini untuk membersihkan sisa-sisa bangunan yang hancur di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

GM of Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Fardhi Sjahrul Ade. mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan empati perusahaan kepada korban bencana.

“Kita berharap bantuan yang diberikan perusahaan tersebut dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa bencana atau musibah,” ungkap dia dalam keterangan resmi yang diterima bisnistuban.com di Tuban, Jumat (23/4).

Menurut Fardhi, bantuan dari perusahaan pada situasi bencana seperti ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan. Duka Bumi Pertiwi adalah duka bersama, maka sudah selayaknya perusahaan turut prihatin dan membantu korban yang mengalami musibah.

“Ini adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan kehadiran perusahaan dalam membantu korban yang membutuhkan pertolongan segera,” ujarnya.

Fardhi mengatakan, pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Daerah setempat dalam penyaluran bantuntuan tersebut, agar bantuan itu dapat tersalurkan dengan tepat kepada yang berhak menerimanya.

Sehingga, dapat dimanfaatkan dengan baik kepada para korban bencana. Dia juga mengajak semua pihak untuk bahu membahu meringankan beban korban bencana gempa bumi.

“Ini merupakan wujud komitmen Semen Indonesia untuk membantu pemerintah dalam pemulihan pasca bencana. Dan membantu korban becana alam ini agar segera bangkit. Apalagi saat ini masih pandemic Covid-19 belum berakhir dan telah memasuki bulan Ramadhan, sehingga para korban yang pasti butuh support,” tandasnya.

Langkah tanggap darurat yang dilakukan Semen Indonesia tersebut mendapatkan apresiasi dari Dr. Lana Saria S.Si., M.Si, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementrian ESDM, selaku Ketua Bidang Penyelamatan ESDM Siaga Bencana.

Menurut dia, bantuan logistik di Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Lumajang, serta semen di Kabuapten Lumajang dan juga alat berat di Kabupaten Malang sungguh sangat berarti untuk masyarakat terkena dampak gempa.

“Bantuan dari Semen Indonesia ini sangat berarti untuk masyarakat terkena dampak gempa. Semoga dengan bantuan ini dapat mempercepat pemulihan yang diakibatkan bencana alam tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Didik Agus Wijanarko, menyampaikan rasa terimakasih kepada Semen Indonesia yang telah membantu paket sembako, semen, dan alat berat kepada korban bencana gempa bumi.

Bantuan tersebut sangat bermanfaat selama peroses pemulihan dan rekontruksi bangunan yang rusak. “Ini adalah bentuk keperdulian Semen Indonesia dalam pemulihan korban bencana gempa bumi, dalam Jatim Bangkit dan Jatim Peduli,” pungkasnya. (Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here