Foto: sehatnegeriku.kemkes.go.id
Foto: sehatnegeriku.kemkes.go.id

BT.com, Tuban – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban mulai melakukan pendistribusian vaksin Covid-19 ke seluruh puskesmas pada Kamis (28/01) bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Tuban Jalan Brawijaya Nomor 3 Kelurahan Kebonsari.

Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo, menyampaikan bahwa vaksin akan didistribusikan kepada 33 puskesmas. Selanjutnya, proses vaksinasi akan dilakukan kepada para tenaga kesehatan.

“Hari ini kita distribusikan vaksin Covid-19 kepada 33 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tuban. Dengan target vaksin untuk tenaga kesehatan setempat,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan, tenaga kesehatan yang berada di seluruh puskesmas tersebut mendapatkan jatah sebanyak 1.307 vaksin. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Total untuk Nakes di semua Puskesmas mendapat jatah 1.307 vaksin,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Tuban, Fathul Huda, mengatakan bahwa vaksinasi merupakan usaha yang paling tepat untuk menyelesaikan wabah Covid-19.

Ia menekankan, vaksin tersebut sudah aman untuk disuntikkan lantaran telah melalui serankaian uji coba di Indonesia maupun World Health Organization (WHO).

“Nanti kita dari Forkopimda akan menyisir semuanya yang dapat vaksin harus mengikuti vaksinasi,” ujarnya saat meninjau langsung proses vaksinasi Covid-19 kepada beberapa tokoh di Pendopo Kridho Manunggal, Rabu (27/01) kemarin.

Oleh karena itu, Huda mengimbau kepada masyarakat agar tidak termakan provokasi yang disebarkan oleh berita hoax. Sebab, mereka yang telah mendapatkan vaksin tidak ada keluhan apapun.

“Saya minta tidak ada yang terpengaruh oleh berita hoaks itu, lihatlah kenyataannya Jawa Timur yang sudah divaksin tidak ada yang terindikasi apapun, seandainya ada itu hanya masalah yang ringan-ringan saja, seperti pusing tetapi itupun belum ada keluhan sama sekali,” pungkasnya.

Untuk informasi, rincian jumlah vaksin Covid-19 yang diberikan kepada 33 Puskesmas di Tuban sebagaimana berikut:

Kenduruan 24, Bangilan 63, Senori 30, Singgahan 64, Montong 52, Jetak 32, Parengan 27, Ponco 38, Soko 55, Prambon Tergayang 42, Rengel 61, Prambon Wetan 33, Grabagan 31, Plumpang 53, Klotok 35, Widang 37, Compreng 26, Palang 35, Sumurgung 33, Semanding 37, Wire 42, Tuban 48, Kebonsari 37, Jenu 62, Merakurak 45, Temandang 33, Kerek 39, Jenu 20, Tambakboyo 52, Jatirogo 27, Kebonharjo 29, Bulu 34, dan Bancar 31.

Sumber: Media Center Tuban
Penulis: Mahfud Hariadi
Editor: Rr. Immamul Muttakhidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here