Foto: MCT Tuban
Foto: MCT Tuban

BT.com, Tuban – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengeluarkan keputusan untuk memperpanjang pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 188188/34/KPTS/013/2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Kabupaten Tuban menjadi salah satu daerah yang harus menerapkan Keputusan Gubernur terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, menegaskan bahwa Tuban saat ini tidak termasuk ke dalam zona merah. Hanya saja, karena pelbagai pertimbangan Pemprov memasukkkan Tuban menjadi salah satu kabupaten yang harus menerapkan PPKM.

“Memang Tuban saat ini bukan termasuk zona merah namun dari berbagai pertimbangan Provinsi memasukkan Tuban termasuk perpanjangan PPKM,” kata dia usia penyutikan vaksin Covid-19 sebagaimana dikutip dari Media Center Tuban, Rabu (27/1).

Budi mengatakan, dalam rangka menindaklanjuti Keputusan Gubernur tersebut, Pemerintah Kabupaten Tuban akan segera mengeluarkan Surat Edaran Bupati.

Ia mengungkapkan, sebenarnya Tuban sudah melaksanakan pembatasan-pembatasan sebelumnya. Oleh sebab itu, ke depannya, Pemkab hanya tinggal melanjutkan saja.

“Tetapi ada materi kemarin yang tidak masuk, maka kita akan tambahkan sesuai Keputusan Gubernur,” ungkapnya.

Budi juga menyampaikan bahwa tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Satpol PP saat ini sedang melakukan koordinasi terkait sosialisasi PPKM dan operasi yustisi.

Apalagi, lanjutnya, Tuban sudah memiliki payung hukum yaitu Peraturan Bupati Nomor 65 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Menurutnya, payung hukum tersebut nanti akan menjadi dasar penertiban dan penindakan atas pelanggaran protokol kesehatan.

“Hal itu untuk memastikan masyarakat benar-benar melaksakan sesuai dengan aturan PPKM,” tandasnya.

Budi berharap, masyarakat dapat memahami PPKM yang akan diberlakukan oleh Pemkab. Sebab, hal itu untuk kebaikan bersama dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya harap setelah disosialisasikan masyarakat bisa memahami agar terhindar dari virus Covid-19, serta terhindar dari penertipan dan penindakan,” pungkasnya.

Source: Media Center Tuban

Penulis: Mahfud Hariadi

Editor: Rr. Immamul Muttakhidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here