BT.com- Tuban, Pemerintah Kabupaten Tuban bersama DPRD Kabupaten Tuban, menggelar rapat paripurna dengan agenda Jawaban Pemerintah Terhadap Laporan Banggar dan PU Fraksi Tentang R-APBD Tuban 2022, Kamis, (14/10/2021).

Dalam Paripurna tersebut, Pemerintah Kabupaten Tuban yang diwakili Wakil Bupati Tuban, Riyadi membacakan keseluruhan pertanyaan Banggar dan Fraksi-fraksi dari DPRD Tuban. Setidaknya ada 150 lebih pertanyaan yang dijawab oleh Wabup dalam Paripurna tersebut.

Ketua DPRD Tuban, Miyadi menyampaikan bahwa agenda Paripurna hari ini adalah penyampaian jawaban Pemkab atas pandangan umum Banggar dan fraksi DPRD Tuban atas R-APBD Tuban tahun anggaran 2022.

Disampaikannya, total ada 150 pertanyaan lebih yang disampaikan oleh Banggar dan Fraksi-fraksi di DPRD Tuban. Paripurna selanjutnya, ialah penyampaian Pandangan Akhir (PA) Banggar dan Fraksi-fraksi DPRD Tuban atas jawaban pemerintah.

“Total pertanyaannya ada banyak, saya lihat tadi dari Fraksi Kebangkitan bangsa sendiri sudah ada 56 pertanyaan, PDI ada 33 pertanyaan, Gerindra 39 pertanyaan, yang lain banyak. Jadi ada 150 lebih pertanyaan yang harus dijawab oleh pemerintah daerah dalam rangka menyelesaikan pembahasan R-APBD ini,” bebernya.

Miyadi menambahkan, dalam pembahasan Paripurna tersebut, paling banyak disiinggung ialah terkait dengan persoalan pembangunan infrastruktur. “Karena kita ingin semua pembangunan yang direncanakan berjalan sesuai target, sehingga tidak ada permasalahan diakhir nanti,” sambungnya.

Kemudian, lanjut politisi PKB ini, anggaran di masing-masing dinas, dimana anggaran tersebut perencanannya harus dimatangkan sesuai target. Sehingga penyerapan anggaran bisa maksimal dan tidak mengakibatkan Silpa yang cukup besar.

Selain itu, kinerja BUMD yang kurang optimal juga masuk catatan anggota dewan. “BUMD masih belum bisa menyumbangkan PAD secara maksimal bagi Pemkab Tuban. Dari total 4 BUMD Tuban, hanya satu BUMD, yaitu PDAM yang memberikan PAD. Sementara 3 lainnya masih belum,” jelas Miyadi.(Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here