Foto: bi.go.id
Foto: bi.go.id
BT.com, Tuban – Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdikaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) dalam bentuk uang pecahan 75 ribu rupiah.
Berkaitan dengan hal itu, dalam upaya peningkatan layanan publik, BI membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memiliki uang pecahan 75 ribu tersebut.
Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menyampaikan bahwa BI menerapkan syarat 1 KTP berlaku untuk penukaran maksimal 100 lembar UPK 75 Tahun RI per hari.
Untuk diketahui, UPK 75 Tahun RI yang dikeluarkan pada 17 Agustus 2020 lalu merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender) di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Masyarakat yang telah melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI dapat kembali dan terus melakukan penukaran,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima bisnistuban.com di Tuban, Senin (22/3).
Erwin mengatakan, penukaran UPK 75 Tahun RI bisa dilakukan oleh individu maupun kolekif. Uang ini bisa didapatkan di Kantor BI dengan tata cara pemesanan dan penukaran yang sama dengan mekansime sebelumnya.
Ia menambahkan, masyarakat juga dapat melalukan pemesanan induvidu melalui link website PINTAR atau https://pintar.bi.go.id dan memilih tanggal penukaran yang sama dengan tanggal pemesanan.
“Apabila pemesanan dilakukan sebelum pukul 11.30 waktu kantor BI setempat. Mekanisme penukaran individu maupun kolektif dapat dilihat dalam aplikasi PINTAR,” imbuhnya.
Namun, Erwin mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan penukaran ini untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mitigasi penyebaran Covid-19.
“BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” tutupnya. (Lif/RIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here