Foto: bi.go.id
Foto: bi.go.id

BT.com, Tuban – Pada akhir Januari 2021 kemarin cadangan devisa Indonesia mencapai 138,0 miliar USD. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan pada akhir Desember 2020 yang hanya mencapai 135,9 miliar USD.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, menyampaikan bahwa Posisi cadangan devisa Januari kemarin setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor atau 10,0 bulan impor.

Selain itu, nilanya cukup untuk pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima bisnistuban.com di Tuban, Jumat (5/2).

Erwin mengatakan, peningkatan cadangan devisa Indonesia pada Januari 2021 dipengaruhi oleh penerbitan global bonds pemerintah dan penerimaan pajak.

Menurutnya, cadangan devisa ke depan akan tetap memadai. Hal ini didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap terjaga saat pandemi berlangsung.

“Seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Penulis: Mahfud Hariadi

Editor: Rr. Immamul Muttakhidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here