Foto: MCT Tuban
Foto: MCT Tuban

BT.com, Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah menetapkan Aditya Halindra Faridzky dan Riyadi sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban terpilih dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban Terpilih tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka yang bertempat di Grand Javanilla, Tuban, Jumat (22/1).

Bupati Terpilih, Lindra mengungkapkan, setelah dirinya dilantik nanti, pada 5 bulan pertama akan memprioritaskan pemulihan ekonomi masyarakat selama dan pasca pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu, Ia juga berjanji akan fokus pada program pembangunan dan peningkatan infrastruktur di Kabupaten Tuban.

”Selain itu, menekan angka kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja maupun wirausaha baru,” ucapnya.

Untuk informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, pada tahun 2020 kemarin, tingkat kemiskinan di Tuban mencapai 187.130 jiwa atau sebesar 15,91 persen dari populasi penduduk.

Angka ini mengalami kenaikan sebesar 16.330 jiwa dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 170.800 jiwa atau sebesar 14,58 persen. Tidak hanya itu, Tuban juga masih menempati peringkat 5 (lima) tertinggi di Jawa Timur.

Kepala BPS Tuban, Eko Mardiana, menjelaskan bahwa meningkatnya angka kemiskinan tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19.

Ditambah lagi, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Tuban dalam setahun terakhir bertambah 15.216 jiwa. Bahkan, akibat adanya pandemi Covid-19 setidaknya terdapat 95.202 orang penduduk usia kerja yangterdampak atau sebesar 10,09 persen.

Angka itu terdiri dari pengangguran karena Covid-19 berjumlah 8.257 orang, bukan angkatan kerja karena Covid-19 4.199 orang, sementara tidak bekerja karena Covid-19 3.890 orang, dan penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena covid-19 78.856 orang.

Oleh sebab itu, Lindra mengajak kepada seluruh komponen untuk bersama-sama membangun Tuban. Menurutnya, gegap gempita Pilkada 2020 telah usai dan sudah saatnya untuk bergandengan tangan.

Ia menegaskan, pada masa peralihan kepemimpinan nanti akan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Pemerintah Kabupaten dan DPRD Tuban.

Hal ini bertujuan untuk melakukan penyesuaian pelbagai program pembangunan dan anggaran mendatang.

“Saya bersama Wabup Tuban akan secara langsung berkomunikasi intens dengan pihak-pihak terkait,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan, menyampaikan bahwa dalam Pemilu  Serentak tanggal 9 Desember 2020, pasangan Aditya Halindra Faridzky dan Riyadi mendapatkan 423.236 suara atau 60 persen dari total surat suara sah. Sementara angka partisipasi masyarakat pada pemungutan suara mencapai 78 persen.

Setelahnya, KPU Tuban akan mengirimkan hasil rapat pleno terbuka kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui DPRD Kabupaten Tuban.

“Proses berikutnya adalah pengesahan dan pelantikan,” ucapnya.

Fatkul menuturkan, prosesi pelantikan akan menjadi kewenangan Gubernur Jawa Timur. Ia berharap, pasangan Bupati dan Wabup Tuban yang terpilih mampu menyerap aspirasi rakyat dan mewujudkannya.

“Semoga sesuai dengan harapan dari warga Kabupaten Tuban,” tuturnya.

 

Source: Media Center Tuban

Penulis: Mahfud Hariadi

Editor: Hendri Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here