BT.com- Tuban, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggandeng BNNK Tuban menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di kantor Kecamatan Merakurak, Selasa, (12/10/2021).

Sosialisasi tersebut diberikan kepada sejumlah pegawai kecamatan, Kepala Desa, perwakilan pemuda dan masyarakat yang berada di ring 1 perusahaan.

General Manager of CSR Semen Indonesia Gresik Edy Saraya mengatakan sosialisasi P4GN pada warga yang tinggal di lingkungan perusahaan ini bisa berdampak positif bagi masyarakat. Selain itu, hal ini merupakan upaya BUMN berperan dalam pencegahan penyebaran narkoba.

Ditambahkannya, Kegiatan ini tak hanya dilakukan di Tuban saja, melainkan beberapa wilayah lain, utamanya disekitar pabrik juga telah diselenggarakan. “Kegiatan P4GN ini juga sudah kita laksanakan di beberapa desa dan kecamatan di wilayah dekat pabrik,” sambungnya.

Terlebih, lanjutnya, juga kepada pegawai SIG sendiri. Hasilnya, sejauh ini pihaknya juga belum menemukan adanya pegawai Semen Indonesia yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. “Alhandulillah sampai saat ini belum ada. Dan semoga tidak pernah ada. kalaupun ada pasti kita tindak tegas,” tegas Edy.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban AKBP I Made Arjana berharap kepada seluruh masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam mencegahan penyebaran narkotika di Bumi Wali, sebutan lain dari Kabupaten Tuban. Dengan cara menjadi duta anti narkotika di tingkat kelurahan maupun RT.

BNNK Tuban sendiri, lanjut Made saat ini hanya memiliki 15 personil 4 diantaranya merupakan anggota polisi. Tentunya dengan jumlah 15 orang tersebut belum ideal untuk menjaga peredaran narkoba di Tuban yang memiliki 20 wilayah kecamatan. “Apalagi Tuban merupakan wilayah perlintasan jalan yang menghubungkan antar provinsi,” tambahnya.

BNNK Tuban telah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran narkoba di Tuban salah satunya mengandeng beberapa perusahaan Semen Indonesia. Selain itu upaya lain yakni rutin menggelar tes urine bagi para ASN.

Kemudian seperti yang dilakukan hari ini dengan pihak Semen Indonesia yang melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika (P4GN) di kantor Kecamatan Merakurak.

Upaya sosialisasi tersebut diharapkan dapat mencegah masuknya obat-obatan terlarang di lingkungan perusahaan melalui warga di beberapa desa di seputaran perusahaan.(Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here