Tim LKS Nasional XXIX Tahun 2021 SMK TJP Tuban

BT.com- Tuban, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban mewakili tim Provinsi Jawa Timur dalam Lomba Cipta Karya (LKS) SMK tingkat Nasional XXIX yang diselenggarakan secara Daring oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI mulai hari ini, Selasa hingga Kamis mendatang.

SMK TJP Tuban mengikuti LKS Nasional tahun 2021 di Bidang Teknik Rekayasa Cetak Plastik (Plastic Die Enginering) dan bersaing dengan 12 peserta dari Provinsi lainnya. Setelah sebelumnya berhasil menjadi juara pertama tingkat provinsi Jatim di Bidang yang sama.

Keikutsertaan SMK TJP dalam LKS Nasional ke XXIX tersebut merupakan kali pertama atau perdana. Setelah seblumnya hanya sampai sebatas level Provinsi Jawa Timur.

Ketua Tim LKS SMK TJP Tuban, Suwondo mengatakan, dalam perlombaan tersebut, ia mengikutkan satu siswa kelas 3 jurusan permesinan, Nuril Anam dan didampingi oleh beberapa guru pembimbing.

“Untuk pelaksanaan hari pertama ini kita presentasi desain moulde (cetakan mesin), hari
Ke dua dan ketiga besok proses pemesinan (machining) dan polishing (memoles) juga perakitan,” beber guru Mapel permesinan ini.

Ditambahkannya, meski LKS tahun 2021 ini menjadi yang pertama. Ia menargetkan mampu meraih juara pertama. Hal itu didasari dengan persiapan yang dilakukan selama 2 bulan terkahir paska meraih juara pertama di tingkat Provinsi pada bulan Juni kemarin.

Sebelum penyelenggaraan perlombaan di tingkat nasional, pihaknya melakukan latihan rutin selama 2 bulan penuh sejak Juni lalu, yaitu mulai pagi sampai sore hari atau bahkan malam hari. Dengan persiaoan tersebut, SMK TJP menargetkan bisa meraih juara pertama dan berkesempatan mengikuti seleksi untuk menjadi wakil Indonesia dalam ASEAN Skill Competition, World Skill Asia dan World Skill Competition.

“Untuk 2 bulan terkahir ini rutin berlatih. Dalam 1 hari pagi sampai sore bahkan sampai malam. Sebelumnya seminggu 3 kali,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMK TJP Tuban, Bambang Kusdiyanto melalui Waka Humas, Achmad Chairul Mizan menyampaikan jika pihak sekolah sangat mensuport kebutuhan perlombaan. Baik dari segi fasilitas, tenaga, pikiran dan juga pembiayaan.

“Sekolah sangat mensuport dan mendukung setiap siswa yang berprestasi. Sehingga kebutuhan fasilitas pendukung dan biaya lainnya tidak menjadi penghalang pihak sekolah untuk mensupport presrasi siswa,” bebernya.

Diharapkan keikutsertaan salah satu siswa di LKS Nasional ke XXIX bisa menjadi penyemangat dan Motivasi pelajar lainnya untuk terus brlajar dan meraih prestasi terbaik. “Dan semoga SMK TJP Tuban bisa membawa nama baik Tuban dengan meraih juara pertama. Mohon do’anya,” jelas Chairul. (Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here