BT.com- Tuban, Ketua DPRD Tuban, Miyadi menyampaikan jika BUMD Tuban masih kurang optimal dalam menyumbangkan PAD bagi Pemkab Tuban.

Dari total 4 BUMD, masing-masing PDAM Tirta Lestari, PD. Aneka Tambang di bidang pertambangan, PD Minyak dan Gas Bumi di bidang gas bumi, dan PT. Ronggolawe Sukses Mandiri di bidang Oil and Gas Energy, Industri, Infrastruktur, Tranding serta Service. Hanya satu BUMD, yaitu PDAM Tirta Lestari yang menyumbangkan PAD.

Berdasarkan data dari buku laporan penyampaian jawaban Pemkab Tuban, diketahui jika pada tahun 2021, PDAM yang melakukan penyetoran laba bersih ke Pemda sebesar Rp 7.171.702.292,96. Kemduian PT. Ronggolawe Sukses Mandiri sebesar Rp 29.363.600,-. Sementara BUMD lainnya masih belum maksimal.

Kaitan dengan hal tersebut, Miyadi menyarankan supaya ada evaluasi terhadap BUMD yang belum optimal. Selain itu, Eksekutif harus mendorong BUMD agar bisa bekerja lebih maksimal dan optimal.
Sehingga ke depan BUMD Tuban dapat memberikan dampak yang baik bagi PAD Tuban.

“Ini harus ada evaluasi, eksekutif harus mendorong BUMD agar bisa lebih optimal. Jadi nanti bisa membawa dampak yang bagus bagi PAD Tuban,” jelasnya, Kamis, (14/10/2021).

Pada intinya, ketua DPRD Tuban ingin BUMD berfungsi optimal. Dengan demikian, PAD dapat diperoleh dari BUMD tersebut.

Selain itu, kinerja BUMD yang kurang optimal juga masuk catatan anggota dewan. “BUMD masih belum bisa menyumbangkan PAD secara maksimal bagi Pemkab Tuban. Dari 4 BUMD Tuban, hanya satu BUMD, yaitu PDAM yang memberikan PAD. Sementara 3 lainnya masih belum optimal,” tegas Miyadi.(Dinn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here