Indahnya Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen Jawa Tengah – Kebumen merupakan daerah yang memiliki cukup banyak objek wisata yang tak kalah menarik dari daerah lain. Di sini ada beberapa obyek wisata pantai yang bisa pengunjung jadikan tempat untuk membuang rasa penat dalam benak pikiran setelah lelah melakukan rutinitas sehari-hari.

Salah satu obyek wisata yang cocok untuk teman-teman jadikan tempat menghilangkan penat dalam pikiran adalah panati Suwuk Kebumen Jawa Tengah. Pantai suwuk memang sangat memukau, menurut saya. Saya bukan orang Jawa Tengah, namun karena dapat jodoh orang Kebumen jadi sedikit pahak beberapa obyek wisata yang ada di Kebumen.

Pantai Suwuk merupakan pantai pertama yang saya kunjungi dari beberapa pantai yang ada di Kebuen. Ada banyak kenangan di pantai yang ini.

Pantai Suwuk ini merupakan salah satu tempat wisata favorit dan cukup terkenal di Kebumen. Pantai ini berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen.

Walau tak seeksotik pantai-pantai yang ada di Bali dan Lombok, Pantai Suwuk tetap menjadi destinasi wisata yang cukup menyenangkan dan digemari banyak orang.

Pantai ini bersebelahan dengan pantai karang bolong, dan tepat berada di bawah Bukit Hud. Teman-teman bisa melihat Pantai Karang Bolong saat berada di pantai Suwuk, dan ketika teman-teman berada di pantai Karang Bolong teman-teman bisa melihat pantai Suwuk.

Pasir Pantai Suwuk memiliki warna cokelat dan hitam. Bibir pantai yang panjang serta landai membuat pantai ini menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Selain itu, pemandangan pegunungan kapur di sebelah barat dan utara Pantai Suwuk menjadi panorama yang menarik.

Pantai Suwuk memiliki pasir berwarna cokelat sampai hitam seperti mayoritas pantai yang ada di Kebumen. Area pantai ini cukup luas sehingga membuat pasir-pasir hitam tersebut terlihat seperti padang pasir dilengkapi dengan tanaman pandan dan rerumputan.

Bibir pantai yang panjang serta landai membuat pantai ini menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Di Pantai Suwuk ini pengunjung bisa mandi/berenang sepuasnya, bermain bola kaki, voli pantai dan aneka permainan lainnya.

Di sekitar pantai Suwuk Kebumen juga terdapat sebuah bangkai pesawat garuda Boeing 737 yang juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Pengunjung juga bisa berkeliling dengan menunggang kuda yang banyak disewakan di sekitar pantai.

Sebagai tempat yang sudah dikembangkan sebagai tujuan wisata, tentu saja di Pantai Suwuk sudah tersedia beberapa fasilitas untuk mendukung kegiatan wisata.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di antaranya wahana permainan sederhana, kamar mandi dan toilet umum, masjid, warung penjual jajanan khas Kebumen, serta toko oleh-oleh khas Pantai Suwuk.

Akses menuju Pantai Suwuk ini tidaklah terlalu sulit karena ada beberapa rute yang bisa dipilih. Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit.

Sedangkan dari sebelah barat daya Kota Karanganyar berjarak sekitar 35 Km dan dapat ditempuh lebih dari 1 Jam. Sementara dari pusat Kota Kebumen berjarak sekitar 50 Km dan dibutuhkan waktu sekitar 2 jam kurang.

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Suwuk ini, pengunjung dikenakan tarif Rp. 3.500/orang untuk dewasa dan Rp. 2.500/orang untuk anak 5 tahun ke bawah. Cukup murah bila dibandingkan dengan apa yang akan pengunjung rasakan ketika menikmati Pantai Suwuk ini.

Demikianlah informasi seputar Pantai Suwuk yang bisa dibagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat. Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera mengeksplorasi pantai ini? Tunggu apa lagi, segera kunjungi Pantai Suwuk ini bersama orang-orang tercinta Anda. Selamat berwisata.

Tinggalkan komentar