Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Manafaat berenang untuk kesehatan memang sudah tak bisa diragukan lagi. Jenis olahraga yang satu ini sudah terbukti memberikan manfaat yang nyata untuk kesehatan tubuh manusia.

Bisa dibilang, semua orang suka berenang, apalagi jika saat kondisi cuaca sedang panas-panasnya. Tentu saja ingin menyegarkan diri.

Berenang tidak hanya suatu kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga mendatangkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berenang? Berikut ini kami akan berikan penjelasannya untuk para pembaca semua.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda sedang mencari olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan? Berenang tentu bukan keputusan yang salah. Berikut ini merupakan manfaat berenang untuk kesehatan Anda:

1. Penghilang Stres

Perlu Anda ketahui, olahraga mendorong tubuh untuk melepaskan endorfin, neurotransmiter yang akan meningkatkan suasana hati Anda dan membantu Anda lebih terjaga.

Anda tidak hanya akan merasakan efek antidepresan alami saat berolahraga, tetapi olahraga air juga dapat berfungsi sebagai bentuk meditasi.

Berfokus pada gerakan tubuh Anda dan perasaan air di sekitar Anda akan membuat Anda rileks dan membantu Anda tidak terlalu khawatir tentang bagaimana hari Anda berjalan.

Kenyamanan latihan di kolam renang memberi Anda semua relaksasi yang Anda butuhkan tanpa keringat dan rasa sakit yang cepat terkait dengan latihan aerobik yang khas.

2. Pereda Nyeri

Setelah latihan olahraga yang kuat, banyak orang merasa lelah dan sakit. Siapa pun yang tidak terbiasa berolahraga mungkin merasakan ketidaknyamanan yang jauh lebih buruk pada persendian mereka.

Namun sedikit berbeda dengan jenis olaharaga lain, latihan renang membantu mengurangi rasa sakit pasca-latihan.

Ketika tubuh Anda sepenuhnya terbenam di dalam kolam, air membantu menahan berat badan Anda dan mengurangi ketegangan pada persendian dan kaki Anda.

Anda tidak hanya akan merasa lebih baik setelah latihan Anda selesai, tetapi Anda juga dapat berolahraga lebih lama karena Anda tidak perlu khawatir tentang rasa sakit!

3. Menyenangkan

Siapa yang tidak senang berenang? Bahkan jika Anda tidak tahu cara melakukan gerakan berenang yang bagus, menghabiskan waktu bermain-main di air dan bermain dengan orang lain adalah cara yang benar-benar menyenangkan.

Berenang termasuk jenis olahraga yang menyenangkan, Anda akan lebih fresh ketika setelah berenang. Apalagi jika sebelumnya Anda telah terlalu banyak pikiran atau kesibukan, berenang tentu akan membantu pikiran Anda lebih baik.

4. Peningkatan Suasana Hati

Selain endorfin, tubuh Anda memproduksi hormon saat Anda aktif dan bersenang-senang. Yang paling penting dari hormon-hormon ini adalah serotonin, juga dikenal sebagai hormon perasaan-baik untuk perannya dalam tubuh.

Hormon ini berkontribusi pada suasana hati yang lebih baik dan peningkatan kesehatan dalam berbagai perilaku lainnya, termasuk:

  • Nafsu makan
  • Siklus tidur
  • Penyimpanan
  • Suhu tubuh

Serotonin adalah bahan kimia yang sangat penting untuk dimiliki untuk gaya hidup sehat. Dengan sedikit aktivitas setiap minggu berenang atau berolahraga di kolam renang baru Anda, Anda dapat meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda!

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berenang untuk kesehatan lainnya adalah untuk jantung. Beberapa penelitian menunjukan jika berenang akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dalam menggunakan oksigen.

Ini menunjukan jika berenang secara rutin akan membuat jantung Anda lebih baik dan sehat. Apalagi jika Anda paham tata cara berenang yang benar, tentu saja manfaatnya sangat luar biasa.

6. Membangun Massa Otot

Gerakan berenang yang benar akan membangun massa otot. Hampir setiap manusia menginkan tubuh yang ideal. Berenang tentu bisa mendatangkan manfaat ini.

Ketika berenang, hampir setiap otot tubuh bergerak melawan tekanan air, inilah yang akan menimbulkan berenang akan membuat otot tubuh lebih baik.

Baik itu untuk otot dada, betis, atau otot lengan, berenang akan membangun otot tubuh lebih baik daripada sebelumnya.

7. Menurunkan Berat Badan

Berenang selama kurang lebih satu jam dapat membakar 600 kalori. So, berenang sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Olahraga ini juga baik untuk mengecilkan perut, serta mengurangi jaringan lemak di perut dan bagian tubuh lainnya.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian mengungkapkan jika seorang yang sulit tidur atau menderita penyakit insomnia akan lebih meningkatkan kualitas tidur mereka. Karena itu, berenang bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur.

Bagi Anda yang mengalami sulit tidur atau gangguan tidur, berenang bisa menjadi opsi terbaik untuk kesehatan Anda.

Tips Sebelum Berenang

Untuk mulai berenang, pertama-tama Anda harus menemukan kolam di dekat Anda. Banyak tentunya kolam renang umum yang bisa digunakan, atau jika memang ingin membuat kolam renang sendiri di rumah, ini juga menjadi pilihan yang bagus untuk Anda.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, Anda bisa menghubungi Jaelani Pools untuk mendapatkan kolam renang impian. Jaelani Pools merupakan kontraktor kolam renang Jakarta profesional dengan hasil terbaik. Kunjungi website resminya untuk mendapatkan penawaran terbaik! Berikut ini akan kami berikan penjelasannya untuk Anda selum berenang:

1. Persiapkan otot Anda

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum berenang adalah otot. Pastikan kondisi otot Anda dalam kondisi yang sehat sehingga terhindar dari resiko cedera.

Selain itu, lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam air, ini akan lebih baik untuk kondisi tubuh Anda.

2. Pelajari Cara Berenang yang Baik

Untuk Anda yang maish pemula dalam berenang, mempelajari terlebih dulu menjadi hal utama yang harus dilakukan.

Anda bisa mengambil kelas berenang secara berkelompok atau individu. Dalam hal ini Anda akan diajarkan bagaimana tata cara berenang yang baik seperti teknik pernapasan, tips praktis lain yang pastinya akan mendatangkan manfaat yang maksimal.

3. Waspadai Resiko

Berenang aman bagi kebanyakan orang. Seperti halnya olahraga apa pun, ada risiko tertentu yang terkait dengan berenang.

Jika Anda terluka atau memiliki kondisi medis tertentu, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum berenang. Anda bisa memeriksakan sesekali ke doker ketika ingin berenang.

Selain itu, Anda juga harus memahami apa saja resiko untuk tubuh sehingga tidak melakukan hal-hal yang kurang tepat dan justru berbahaya bagi kesehatan.

4. Perhatikan Keamanan berenang

Selain mewaspadai resiko, Anda juga harus memperhatikan keamanan berenang, utamakan keaamanan dan keselamatan saat berenang.

Berenanglah di kolam renang yang telah ditentukan karena kadang ada kolam renang yang memiliki kedalaman yang tinggi, ini tentu akan beresiko jika Anda tidak bisa berenang sama sekali.

Apalagi jika Anda berenang di kolam renang bersama keluarga, dan anak-anak Anda. Pastikan mereka dalam pengawasan Anda agar terhindar dari resiko terburuknya.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum berenang, pastikan Anda berenang dengan memperhatikan hal di atas agar mendapatkan manfaat berenang yang terbaik untuk tubuh Anda.

Tinggalkan komentar

error: